Bappeda Subulussalam Gelar Musrenbang Tingkat Kota

Bappeda Subulussalam Gelar Musrenbang Tingkat Kota

SUBULUSSALAM - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Subulussalam hari ini menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kota di Aula Hermes One Subulussalam, Selasa, 29 Maret 2016.

Musrenbang ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Subulussalam Merah Sakti, diikuti para pemangku kepentingan dan kelompok masyarakat di tingkat kecamatan dan desa. Kegiatan ini kabarnya juga dihadiri utusan dari Pemerintah Provinsi Aceh.

"Musrenbang tingkat kabupaten merupakan lanjutan dari Musrenbang yang dimulai dari tingkat desa hingga kecamatan. Kita harapkan melalui Musrenbang ini, dapat menghasilkan program strategis, program yang prioritas pembangunan Pemerintah Kota Subulussalam ke depan," tutur Kepala  Bappeda Kota Subulussalam, Zulkifli, S.TP, M.Sc.

Menurut Zulkifli, Musrenbang diselenggarakan guna mendapatkan masukan akhir untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Kota (RKPK) yang merinci kegiatan prioritas pembangunan, plafon/pagu dana berdasarkan fungsi OPK Kota Subulussalam, yang akan digunakan sebagai dasar untuk memutakhirkan kebijakan anggaran.

“Pemutakhiran ini termasuk pemilahan informasi mengenai kegiatan yang pendanaannya berasal dari APBK, APBA, APBN dan sumber dana lainnya,” katanya.

Zulkifli juga menjelaskan bahwa Musrenbang merupakan media untuk mendapatkan rincian rancangan awal rencana kerja dan anggaran menurut OPK, khususnya yang berhubungan dengan pembangunan, mensinkronkan agenda dan program prioritas pembangunan nasional dan Provinsi yang tertuang dalam rancangan RKP dan RKPK Provinsi dengan rencana kerja pemerintah Kabupaten/Kita, serta menjadi media interaktif bagi segenap stakeholder daerah untuk menetapkan program dan kegiatan daerah serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi/ kegiatan tahun anggaran 2017.

Tema Musrenbang Kota Subulussalam kali ini adalah “Memperkuat Perekonomian Daerah Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Bumi Sada Kata". Sebelumnya telah diselenggarakan Musrenbang di tingkat desa dan kecamatan, serta pembahasan pada forum OPK.

Musrenbang ini turut dihadiri perwakilan dari Bappeda Provinsi Aceh, wali kota, ketua DPRK dan anggota, kepala SKPK, Kapolres, Dandim 0109, ketua Pengadilan Negeri Aceh Singkil, Camat, kepala desa dan elemen masyarakat Subulussalam.[](ihn)

Laporan Wahda