PELATIHAN PENYUSUNAN DOKUMEN RENSTRA DAN RENJA SKPK SE KOTA SUBULUSSALAM

PELATIHAN PENYUSUNAN DOKUMEN RENSTRA DAN RENJA SKPK SE KOTA SUBULUSSALAM

Subulussalam - Pemerintah Kota Subulussalam melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA), Rencana Kerja (RENJA) SKPK Pemerintah Kota Subulussalam tahun 2018, dalam rangka menjaga konsistensi perencanaan pembangunan di Pemerintahan Daerah, beberapa hal terkait dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku.

PELATIHAN PENYUSUNAN DOKUMEN RENSTRA DAN RENJA SKPK SE KOTA SUBULUSSALAM

Dalam laporan Kepala BAPPEDA Kota Subulussalam Mhd. Ali Tumangger, S.STP, M.Sc memaparkan tujuan pelaksanaan pelatihan ini adalah dalam rangka menyamakan pemahaman terhadap penyusunan dokumen perencanaan, baik rencana kerja dan rencana strategis SKPK Pemerintah Kota Subulussalam dapat menyusun dokumen perencanaan di masing-masing SKPK.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari, 05-06 Februari 2018 yang melibatkan para Kasubag Program masing-masing SKPK, sebagai peserta dan Fasilitator dalam pelatihan ini beasal dari Akademisi Unsyiah yakni Bapak Rustam Effendi, SE, M.Econ dan  dari Bappeda Provinsi Aceh Bapak taufiqurrahman, SP, MM.

Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Bapak Damhuri, SP, MM dalam arahannya menyampaikan bahwa penyusunan perencanaan ini didasari oleh skala prioritas dan berlaku hingga 5-10 tahun kedepan, karena dokumen perencanaan menjadi salah satu indikator penilaian kinerja pemerintah daerah, maka kita harus komitmen dalam pelaksanaannya, berdasarkan perhitungan, pengamatan dan kebutuhan masyarakat dan daerah.

Untuk itu, melalui pelatihan ini diharapkan agar ada kesepahaman perencanaan program antar SKPK sehingga menciptakan hubungan yang sinergi antar SKPK terkait nantinya dalam pelaksanaan realisasi program tersebut sehingga dapat berdaya guna dan berhasil guna.