Pemko Luncurkan Program Beasiswa

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, Info Publik- Sebesar 1,3 Miliar Pemko sediakan dana untuk program beasiswa di tahun 2018, sebut Sekda H. Damhuri, SP. MM dalam keterangan rilisnya di ruang kerjanya, kamis (18/10).

Menurutnya ada empat kategori beasiswa yakni kategori keluarga miskin, kategori mahasiswa berprestasi, kategori mahasiswa yang sedang menyusun karya tulis ilmiah (KTI), skripsi, tesis dan desertasi (tugas akhir, dan kategori mahasiswa dengan beasiswa khusus.

Diluncurkannya program beasiswa ini merupakan wujud kepedulian Pemko kepada putra-putri Kota Subulussalam untuk mendukung pendidikan mereka. Kita Pahami mereka adalah generasi penerus yang akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Subulussalam kedepan.

Tujuan pemberian beasiswa bagi mahasiswa ini adalah untuk meningkatkan akses layanan pendidikan, membantu meringankan biaya pendidikan, untuk meningkatkan prestasi akademik, meningkan SDM di Subulussalam agar lebih berkualitas dan brrdaya saing, jelas Sekda.


“ Semoga dengan program ini bisa membantu dan bermanfaat bagi mahasiswa juga sukses dalam cita-cita mereka , “ ungkapnya.

Program ini didukung dan dikerjakan dalam sebuah tim, Walikota Subulussalam selaku pengarah, Wakil Walikota selaku Pembina dan Koordinatornya adalah Sekda.

Ketua Pokja Verifikasi adalah Asisten I Drs. H. M. Yakub, Ketua Pokja Visitasi adalah Asisten II Lidin, SH, Ketua Pokja Sosialisasi, Dokumentasi, Publikasi adalah Asisten III Dra. Rahmiati, MM, dan Ketua Pokja Sekretariat (Administrasi) adalah Kabag Kessos Sarmina, SH.

Pantauan jurnalis, tim telah melakukan rapat-rapat untuk menangani program ini. Data yang diperoleh dari Kabag Kessos Hj. Sarmina, SH selaku Ketua Pokja Sekretariat, disampaikannya sesuai Peraturan Walikota Subulussalam Nomor 36 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Walikota Subulussalam Nomor 26 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penyaluran Beasiswa Bagi Mahasiswa Miskin dan Mahasiswa Berprestasi di Kota Subulussalam pasal 9 pelaksanaan seleksi dan verifikasi bagi calon penerima programbeasiswa dilaksanakan oleh Sekretariat Daerah Kota Subulussalam melalui Kabag Kessos.

Tahapan jadwal yakni sosialisasi (5-15 Oktober 2018), penerimaan berkas (10 Oktober-10 November 2018), seleksi berkas (10- 25 November 2018), perbaikan berkas (25 November-2 Desember 2018), visitasi untuk klarifikasi lapangan (12 - 9 Desember 2018), finalisasi (9-11 Desember 2018,pengumuman 12 Desember 2018), penandatanganan beasiswa oleh penerima (13-15 Desember 2018), proses penyaluran akhir bulan Desember 2018.

Kriteria dan syarat penerima beasiswa yakni mahasiswa berasal dari Kota Subulussalam yang sedang menempuh pendidikan baik didalam maupun diluar Kota Subulussalam, mahasiswa Diploma III/Diploma IV dan Strata 1 (S.l) minimal sudah menyelesaikan pendidikan 4 (empat) semester, mahasiswa Strata 2 (S.2) minimal sudah menyelesaikan pendidikan 2 (dua) semester, mahasiswa Strata 3 (S.3) minimal sudah menyelesaikan pendidikan 2 (dua) semester.

Persyaratan Umum :

I. Surat permohonan bantuan beasiswa
2. Fotocopy Kartu Keluarga KK yang telah dilegalisir pihak berwenang
3. Fotocopy Kartu tanda Penduduk (KTP)
4. Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
5. Fotocopy Kartu Hasil Studi (KHS)
6. Fotokopy buku rekening bank yang masih aktif
7. Fotocopy bukti pembayaran SPP semester berjalan
8. Pas photo terbaru warna latar merah 3x4 sebanyak 2 lembar
9. Transkrip nilai akademik yang dilegalisir pihak berwenang
10. Surat Keterangan aktif kuliah dari perguruan tinggi
11. Surat penyataan tidak menuntut hasil seleksi
12. Surat penyataan kebenaran dokumen materai 6000
I3. Surat keterangan menyatakan program reguler dari tempat kuliah
14. Surat peryataan tidak sedang menerima beasiswa penuh dari perguruan tinggi atau instansi manapun
I5. Surat keterangan miskin dari Kepala Desa (kategori keluarga miskin)
16. Surat penyataan miskin orang tua materai 6000 (kategori kcluarga miskin)
17. Pengesahan judul tugas akhir, skripsi, tesis dan desertasi, dilegalisir pihak berwenang (kategori penyusun KTI, skripsi, tesis, desertasi.

Kategori keluarga miskin dengan persyaratan khusus yakni surat penyataan miskin dari kedua orang tua diatas materai 6000, surat keterangan miskin orang tua yang bersangkutan dari Kepala Kampong (ASLI), KHS (Kartu Hasil Studi) dan Transkip Nilai yang dikeluarkan oleh fakultas dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) untuk Ilmu Sosial minimal 3,00 dan untuk Ilmu Eksakta minimal 2,75.

Kategori mahasiswa berprestasi dengan persyaratan khusus yakni melampirkan KHS (Kartu Hasil Studi) dan Transkrip Nilai yang dikeluarkan oleh Fakultas dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) untuk Ilmu Sosial minimal 3,50 dan untuk Ilmu Eksakta minimal 3,30 .

Kategori mahasiswa yang sedang menyusun Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Tesis dan Desertasi (Tugas Akhir) adalah melampirkan transkrip nilai yang dikeluarkan oleh fakultas dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) untuk Ilmu Sosial minimal 3,00 dan untuk Ilmu Eksakta minimal 2,75, judul skripsi yang telah disahkan oleh Perguruan Tinggi.

Kategori mahasiswa dengan beasiswa khusus dengan melampirkan, MOU kerjasama Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Kota Subulussalam, Transkrip Nilai, Surat keterangan HafizhlHafizah 30 Juz dari LPTQ Kota Subuiussalam.

Beberapa catatan antara lain, setiap mahasiswa menerima beasiswa atau bantuan hanya diperbolehkan mengajukan satu kategori, beasiswa hanya diberikan maksimal 2 (dua) kali selama dalam pendidikan, tidak sedang menerima beasiswa penuh dari sumber lain, penerima beasiswa/bantuan adalah mahasiswa reguler yang dibuktikan dengan Surat Keterangan (ASLI) dari kampus yang bersangkutan, jadwal sewaktu-waktu dapat berubah apabila ada perubahan jadwal akan diumumkan.

Berkas dapat diantar langsung ke Sekretariat Penerimaan Beasiswa Mahasiswa di Kantor Setdako Bagian Keistimewaan dan Kesejahteraan Sosial, jika tidak bisa langsung mengantar berkas, berkas dapat dikirim melalui Soft Copy via email: beasiswasbs@gmail.com

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi kontak person: Hj. Sarmina, SH ( 0812-313-4900), Imelda Martiani, S.Sos (0821-6805-7557), Madin Cibro, SE (0852-6021-2517), Fatmasari BM (0853-6199-6862).