Musrenbang RKPK 2020 Tingkat Kecamatan Kota Subulussalam

Musrenbang RKPK 2020 Tingkat Kecamatan Kota Subulussalam

MUSRENBANG Kecamatan RKPD 2020

Subulussalam | Pelaksanaan Musrenbang 5 (lima) kecamatan dalam Kota Subulussalam sudah dilaksanakan mulai tanggal 19 Maret 2019 sampai dengan 23 Maret 2019. Acara musrenbang ini dihadiri oleh Anggota DPRK Kota Subulussalam, Forkompim Kecamatan, Camat, Unsur Perangkat Daerah, Mukim Kampung,Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pemuda dan Perwakilan Perempuan serta tim Musrenbang Kota dari Bappeda Kota Subulussalam.

Jadwal Musrenbang Kecamatan adalah sebagai berikut :
- 19 Maret 2019 Kecamatan Rundeng
- 20 Maret 2019 Kecamatan Longkib
- 21 Maret 2019 Kecamatan Sultan Daulat
- 22 Maret 2019 Kecamatan Penangalan
- 23 Maret 2019 Kecamatan Simpang Kiri

 

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), dalam pasal 1 ayat (21) dinyatakan bahwa musrenbang adalah forum antar pelaku dalam menyusun rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah. 

Berdasarkan Permendagri No 86 Tahun 2017 , bahwasanya Perencanaan pembangunan Daerah yang berorientasi pada proses, menggunakan pendekatan:

a. teknokratik;

b.partisipatif;

c. politis; dan

d.atas-bawah dan bawah-atas.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD di Kecamatan merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/Stakeholders di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai prioritas pembangunan di wilayah kecamatan, yang didasarkan pada hasil musrenbang kampung serta menyepakati rencana
kegiatan lintas kampung di kecamatan yang bersangkutan.

Masukan itu sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan kepada SKPK terkait sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja SKPK pada tahun 2020.

Adapun tujuan dari pelaksanaan musrenbang RKPD tahun 2020 di Kecamatan adalah:

1. Menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/ kelurahan  yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang  bersangkutan;
2. Membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan  desa.
3. Menyepakati pengelompokkan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi Perangkat Daerah Kota.

Tahun 2020 merupakan tahun pertama dari RPJMD Kota Subulussalam Tahun  2019-2024. Adapun tema yang diusung pada Musrenbang Kecamatan RKPD Tahun 2020 sesuai dengan RPJP Tahap Dua adalah ”Memacu Pertumbuhan Pembangunan Yang Berkelanjutan Dengan  Peningkatan Sumber Daya Manusia, Hasil Sumber Daya Alam dan  Insfrastuktur Lainnya”.

Masing-masing kecamatan memiliki karakteristik permasalahan dan kebutuhan yang  berbeda sesuai dengan potensi wilayah daerah permasalahan jalan, air bersih, banjir, penataan pariwisata, pertanian, perkebunan dan perikanan. Harapan masyarakat agar seluruh program dan kegiatan prioritas  kecamatan dapat di akomodir oleh perangkat daerah terkait yang  selanjutnya akan tertampung dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah  Kota Subulussalam Tahun 2020.

(Sumber : BAPPEDA Kota Subulussalam)